Home » , » Trip Wisata Religi Bumi Wali Tuban Jawa Timur

Trip Wisata Religi Bumi Wali Tuban Jawa Timur

Bagi para travelers yang ingin berwisata religi sangat cocok dengan lokasi wisata tuban, karena Tuban merupakan tujuan wisata religi populer di jawa timur, dan tuban juga dijuluki sebagai "Bumi Wali". Salah satu alasan mengapa tanah Tuban mendapat julukan sebagai Bumi Wali adalah karena di tanah Tuban ini terdapat banyak makam wali atau orang-orang yang berjasa menyebarkan agama Islam di tanahJawa. Salah satu makam wali di Tuban yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah baik peziarah lokal maupun peziarah yang berasal dari luar Kabupaten Tuban adalah makam Sunan Bonang.
1. Masjid Agung Tuban
Lokasi                : Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban Pusat Kota
Status Kawasan : Tanah Negara
Masjid Agung Tuban dibangun pada tahun 1894 pada masa pemerintahan Raden Tumenggung Koesoemodigdo, Bupati Tuban ke 35. Arsitektur bangunan dibuat oleh H.M. Toxopeus dari Belanda.Arsitektur Masjid Agung Tuban merupakan “warisan” abad XIX, dipertahankan nilai-nilai estetikanya, dimodifikasi dengan gaya arsitektur Timur Tengah.Masjid Agung direnovasi kembali untuk meningkatkan daya tampung jama’ah dan menyesuaikan dengan perkembangan kota. Renovasi yang dilakukan dengan tidak mengubah secara keseluruhan bangunan masjid, akan tetapi beberapa ciri khas penting dari bangunan masjid tetap dipertahankan, seperti ornamen pada teras depan, tempat wudlu dan mihrab. Bangunan masjid yang semula hanya satu lantai dirubah menjadi 2 lantai dan 1 basement sebagai tempat wudlu dan aktifitas keagamaan seperti TPQ dan perpustakaan.
2. Makam Sunan Bonang
Lokasi                   : Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban Pusat Kota
Luas Kawasan    : 2.500 m2
Status Kawasan  : Tanah Negara
Sunan Bonang adalah salah seorang “Wali Songo” penyebar Agama Islam di Pulau Jawa dan dikenal sebagai Guru dari Sunan Kalijaga, makam beliau tiap hari tidakpernah sepi dari peziarah baik dari dalam dan luar negeri.
Kompleks makam dilengkapi dengan gapura besar dan terlihat klasik yang berbentuk paduraksa.
Selain makam Sunan Bonang, daya tarik kompleks makam yang suci initerletak pada sejumlah gapuranya. Pada dinding gapura, terdapat beberapa lubang yang diyakini sebagai tempat ditempelkannya benda-benda keramik kuno yang sangat berharga. Sayangnya, kini tak ada satu pun benda keramik kuno yang dapat dijumpai oleh parapengunjung karena ulah para penjarah. Seusai melewati gapura ketiga, para pengunjung baru akan menemukan komplek makam yang juga berdiri megah dan kokoh sebuah masjid yang disebut Masjid Astana Sunan Bonang. Tak jauh dari bangunan masjid terdapat kantor pengelola kompleks makam.Lokasi wisata religi yang strategis ini (sekitar 200 m dari Alun-Alun Kota Tuban) menyebabkan siapa pun dapat dengan mudah menjangkaunya dengan beragam alat transportasi darat tentunya.
3. Makam Sunan Malik Ibrahim Asmoro Qondi
Lokasi                : Desa Gesikharjo,
Kecamatan Palang 12 km dari pusat kota.Luas Kawasan   : 2 Ha
Status Kawasan : Tanah Yayasan
Adalah makam Waliyullah yang merupakan ayahanda dari Sunan Ampel sekaligus kakek dari Sunan Bonang. Nama Asli beliau adalah Ibrahim Asyamar Khan. Konon beliau dikenal sebagai pejuang yang sangat kokoh dalam menyebarkan agama Islam dan memiliki keahlian sebagai pande besi yang handal dalam membuat persenjataan.
Bagi Traveles yang mengunjungi kota Tuban dapat menghubungi Agen kami
telp (0271) 917789

Kami dari : Garda Tour dan Travels - Mengucapkan

Terima Kasih telah mengunjungi Website Kami, Jika anda berminat wisata domestik kami siap menjadi Biro Perjalanan wisata anda. Bersama kami Wisata nyaman Penuh Kenangan Hubungi Kami Telephone : 0271 9177283 Email : garda.group14@gmail.com

Gabung dengan kami di: Facebook | Twitter | Google Plus :: Terimakasih atas kunjungannya::

category1